Hai Sobat, kali ini Ngadmin akan men-share saat LinkAja gagal bayar tiket Kereta Api. Pembahasan kali ini dikhususkan pada pemesanan dan pembayaran tiket Kereta Api menggunakan aplikasi Android KAI Access atau aplikasi iPhone KAI Access.
Apa saja masalah yang ditemukan?
Tidak selamanya kegagalan dalam transaksi pembayaran adalah kesalahan teknis. Hal penyebab lainnya juga dapat saja terjadi.
Saldo LinkAja Tidak Cukup
Jika Sobat akan membayar tiket pastikan saldo LinkAja mencukupi. Ngadmin sempat mengalami gagal bayar tiket karena saldo akun LinkAja tidak cukup.
Pembayaran tiket yang dibutuhkan sejumlah Rp. 350.000, namun saldo LinkAja hanya Rp. 6.500.
Fix harus isi ulang saldo LinkAja dulu.
Isi saldo LinkAja menggunakan BNI Mobile
Salah satu metode mengisi-ulang saldo untuk akun LinkAja adalah menggunakan aplikasi BNI Mobile.
Aplikasi BNI Mobile (Android dan iPhone) dapat digunakan nasabah Bank BNI dan Bank BNI Syariah. Penggunaannya cukup mudah, serta tidak memotong pulsa seperti pada BNI SMS Banking.
Setelah Login dengan memasukkan User ID dan MPIN. Lanjut ke menu “Pembelian”.
Pada menu “Pembelian”, pilih LinkAja.
Isikan nominal sesuai harga tiket Kereta Api yang ingin dibeli. Kalau mau dilebihkan sih boleh saja. Tapi jangan sampai kurang ya Sobat.
Tekan tombol “Lanjut” di bagian bawah layar.
Transaksi isi ulang saldo LinkAja dilaporkan berhasil oleh sistem BNI Mobile. Asyik kan, Top-Up LinkAja bebas biaya.
Kita beralih ke aplikasi LinkAja ya Sobat.
Oke, saldo LinkAja sudah masuk.
Lanjut bayar tiket di aplikasi KAI Access ya Sobat.
Saldo Cukup, Coba Bayar tapi Status Belum Lunas
Kemudian pilih LinkAja.
Baca juga:
Cara bayar tiket kereta dengan LinkAja (E-Wallet)
Cara isi saldo (Top Up) LinkAja
LinkAja Resmi Diluncurkan
LinkAja Gagal Bayar Tiket Kereta Api
Tampil pesan kesalahan yaitu pada bagian Detail Pemesanan yang menginformasikan bahwa transaksi pembayaran tiket Kereta Api gagal dilakukan.
Pemesanan Gagal
Maaf, pemesanan anda gagal. Silakan mencoba kembali dalam beberapa saat.
Nah, disini jantung jadi dagdigdug. Karena budget sudah terlanjur masuk ke akun LinkAja. Tapi kok belum bisa bayar tiketnya.
Sudah dicoba berkali-kali kok masih belum berhasil bayar juga?
Tenang Sobat, jangan khawatir. Bisa saja sistem penyedia layanan transaksi LinkAja sedang sibuk. Tips nya adalah sabar, dan terus mencoba.
Setelah ada pesan bahwa transaksi berhasil, ternyata ada pesan lain yang masuk. Pesan Refund, tandanya transaksi gagal dilaksanakan dan saldo dikembalikan ke akun LinkAja milik kita.
Akhirnya Ngadmin berhasil membayar via LinkAja setelah mencoba terus-menerus dalam waktu 4 menit, dan tentunya berhak mendapat cashback.
Yay dapat Cashback Rp. 16.000
Pembayaran Berhasil, Status Lunas
Transaksi pembayaran tiket Kereta Api dianggap berhasil jika statusnya berubah dari “Belum Bayar” menjadi “Lunas”.
Untuk memastikan status tersebut, kita beralih ke aplikasi KAI Access.
Beberapa saat kemudian, Rail Ticket KAI akan mengirimkan surel (email) ke akun email kita. Surel tersebut berisikan informasi :
- Ucapan terimakasih atas penggunaan layanan PT. Kereta Api Indonesia
- Pernyataan bahwa transaksi pembelian tiket telah lunas sesuai Bukti Transaksi yang disertakan (e-tiket)
- Bukti Transaksi (e-tiket) telah dicatatkan pada sistem basis data PT. Kereta Api Indonesia
- E-ticket
- Kode pemesanan (booking code)
- Data pemesan (nama, alamat, nomor telepon, email, dan tanggal pemesanan)
- Data Perjalanan (tanggal perjalanan, nomor Kereta Api, nama Kereta Api, jadwal keberangkatan dan lokasi stasiun keberangkatan, jadwal kedatangan dan lokasi stasiun kedatangan
- Data penumpang (nama penumpang, nomor identitas KTP/SIM/Paspor, kelas ekonomi/bisnis/eksekutif,