Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
Oh Snap!

Please turnoff your ad blocking mode for viewing your site content

ngidam.id

LifeHacks, mewujudkan kehidupan yang lebih baik.

Mudik Lebaran Gratis 2019

/
1547 Views

Siap-siap ya Sobat Ngidam. BUMN PT Jasa Raharja akan menyelenggarakan mudik lebaran gratis 2019. Pemesanan tiket bisa untuk empat orang yang masih ada hubungan keluarga.

Seperti program tahun-tahun sebelumnya. Jasa Raharja membuka pendaftaran bagi masyarakat yang ingin berlebaran di kampung halaman. Jasa Raharja menyiapkan dua moda transportasi yaitu Kereta Api dan Bus. Untuk pendaftaran mudik lebaran gratis 2019 menggunakan moda Bus, akan Ngadmin ulas nanti ya.

Menurut masyarakat yang beruntung mendapatkan kesempatan ini pada tahun lalu, kereta api yang tersedia adalah KA Majapahit dan KA Jaka Tingkir.

Jadwal Keberangkatan

Untuk Arus Mudik, Kereta akan diberangkatkan pada tanggal 28 dan 29 Mei 2019. Sementara untuk Arus Balik, Kereta akan diberangkatkan pada tanggal 13 dan 14 Juni 2019.

Mudik Lebaran Gratis 2019 Naik Kereta Api

Moda transportasi Kereta Api yang disiapkan Jasa Raharja pada tahun lalu adalah KA Majapahit dan KA Jaka Tingkir, semua KA tersebut merupakan kereta kelas ekonomi. KA Majapahit melayani rute Jakarta Pasar Senen, Cirebon Prujakan, Tegal, Pekalongan, Semarang Tawang, KedungJati, SoloJebres, Sragen, Walikukun, Paron, Madiun, Nganjuk, Kediri, Tulungagung, Blitar, Wlingi, Kepanjen, Malang KotaLama, Malang.

Sementara KA Jaka Tingkir melayani rute Jakarta Pasar Senen, Cikampek, Cirebon Prujakan, Bumiayu, Purwokerto, Kebumen, Kutoarjo, Wates, Lempuyangan Yogyakarta.

Kota tujuan mudik sesuai info yang didapatkan pada website PT Jasa Raharja adalah Semarang, Solo, Surabaya dan Malang.

Pendaftaran

Ada dua tahapan pendaftaran

  1. Pendaftaran secara online
  2. Verifikasi berkas di kantor Jasa Raharja
jasa raharja

Pendaftaran Secara Online

Mengenai pendaftaran secara online ini biasanya akan dimulai pada jam kerja sekitar jam 9 pagi. Masyarakat yang ingin mendaftar harus mengakses website Jasa Raharja di alamat https://mudik.jasaraharja.co.id.

Pendaftaran secara online saat ini sudah dibuka.

Kapan dibukanya?

Pembukaan pendaftaran mulai tanggal 19 Maret 2019. Pendaftaran masih dibuka hingga tanggal 23 Maret 2019. Tetapi saran Ngadmin, Sobat Ngidam harus pantau terus website sejak hari pertama dibuka, yaitu tanggal 19 Maret 2019 pagi karena biasanya begitu website pendaftaran dibuka, langsung diserbu peminat mudik lebaran gratis 2019.

pengambilan token mudik
Proses Pengambilan Token Mudik Gratis

Pendaftaran tanggal 20 Maret 2019 dimulai pukul 10:00 pagi. Jadi Sobat Ngidam pantau terus ya website pendaftaran ini untuk mendapatkan token. Setelah token didapatkan, kelengkapan berkas dapat diunggah sampai maksimal 12 jam setelah token diberikan.

Cara Mengunggah Persyaratan Pendaftaran Mudik Gratis

Verifikasi Berkas di Kantor Jasa Raharja

Setelah Sobat Ngidam berhasil mendapatkan token dari pendaftaran online mudik lebaran gratis 2019 dari Jasa Raharja. Kemudian persyaratan harus diunggah (diupload) ke website mudik gratis PT Jasa Marga, paling lambat 12 jam setelah token didapatkan.

Selanjutnya Sobat Ngidam harus meluncur ke kantor Jasa Raharja di Jalan HR Rasuna Said, Kuningan pada waktu dan tanggal sesuai informasi dari Jasa Raharja (info jadwal verifikasi berkas akan dikirim melalui SMS ke handphone). Posisi kantor Jasa Raharja terletak di depan halte busway Kuningan Madya Aini.

Dokumen yang Harus Disiapkan

Sobat Ngidam harus menyiapkan dokumen-dokumen ini ya:

  • STNK Motor asli dan fotocopynya (STNK boleh atas nama orang lain, tidak harus sama dengan nama yang tertera di SIM C)
  • SIM C atas nama sendiri, bawa SIM C asli dan fotocopynya. (Nama pada KTP dan SIM C harus sama)
  • Kartu Keluarga (KK) asli dan fotocopynya
  • KTP masing-masing calon penumpang, KTP asli dan fotocopynya

Pemesanan tiket mudik lebaran gratis 2019 ini maksimal 4 orang ya Sobat Ngidam. Tidak boleh lebih dari 4 orang penumpang. Dan nama masing-masing penumpang, harus ada di satu kartu keluarga (KK) yang sama.

Anak dibawah 3 tahun (infant) boleh didaftarkan juga, tapi tidak mendapatkan kursi ya. Maksimal kursi penumpang hanya 4.

Ambil Tiket Mudik Lebaran Gratis 2019 di Kantor Jasa Raharja

Setelah verifikasi berkas selesai, Sobat Ngidam akan diberitahu kapan tanggal harus berkunjung kembali ke kantor Jasa Raharja untuk mengambil tiket kereta yang diidam-idamkan. Ciyee.

Selamat berjuang ya Sobat Ngidam. Dengan mudik lebaran gratis 2019 dari Jasa Raharja ini, diharapkan jumlah kecelakaan selama arus mudik dapat terus berkurang. Karena sepeda motor umumnya tidak didesain untuk perjalanan jauh.

Oya untuk Sobat Ngidam yang arah mudiknya ke Palembang, bisa mencoba alternatif ini ya.

Stay Save on the Road ya Sobat Ngidam. Jaga emosi, jangan memaksakan mengemudi saat mengantuk, ingat keluarga menunggumu di rumah.

Facebook Comments

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
  • Reddit
This div height required for enabling the sticky sidebar