Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
ngidam.id

mading online

Berhemat Biaya Bensin Kendaraan

/
/
/
13 Views
img

Hallo Sobat. Kita semua merasakan kenaikan harga bahan bakar kendaraan yang diumumkan mulai 3 September 2022 di seantero nusantara. Nah, bagaimana menyikapinya. Bagaimana cara berhemat biaya bensin kendaraan agar tetap efisien dan efektif?

woman in green jacket and red hijab standing beside man in red jacket
Photo by Visual Karsa on Unsplash

Harga Jual Pertamina

  • PERTALITE
    • Seluruh provinsi menggunakan harga yang sama Rp. 10.000 per liter
  • PERTAMAX
    • Rp. 14.500 per liter untuk Pulau Sumatera (kecuali Provinsi Riau, Provinsi Kepulauan Riau, Batam, Provinsi Bengkulu), Provinsi Bangka Belitung, Pulau Jawa, Pulau Bali, Provinsi NTB, Provinsi NTT
    • Rp. 14.850 per liter untuk Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi, Provinsi Maluku, Provinsi Maluku Utara, Provinsi Papua, Provinsi Papua Barat
    • Rp. 15.200 per liter untuk Provinsi Riau, Provinsi Kepulauan Riau, Batam, Provinsi Bengkulu
  • PERTAMAX TURBO
    • Rp. 15.900 per liter untuk Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), Pulau Jawa, Pulau Bali, Provinsi NTB, Provinsi NTT
    • Rp. 16.250 per liter untuk Pulau Sumatera (kecuali Provinsi NAD), Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi, Provinsi Papua
    • Rp. 16.600 per liter untuk Provinsi Riau, Provinsi Kepulauan Riau, Batam, Provinsi Bengkulu
  • SOLAR DEX
    • Rp. 17.400 per liter untuk Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), Pulau Jawa, Pulau Bali, Provinsi NTB, Provinsi NTT
    • Rp. 17.750 per liter untuk Pulau Sumatera (kecuali Provinsi NAD), Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi, Provinsi Papua Barat
    • Rp. 18.100 per liter untuk Provinsi Kepulauan Riau, Batam, Provinsi Bengkulu
  • SOLAR DEXLITE
    • Rp. 17.100 per liter untuk Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), Pulau Jawa, Pulau Bali, Provinsi NTB, Provinsi NTT
    • Rp. 17.450 per liter untuk Pulau Sumatera (kecuali Provinsi NAD), Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi, Provinsi Maluku, Provinsi Maluku Utara, Provinsi Papua, Provinsi Papua Barat
    • Rp. 17.800 per liter untuk Provinsi Riau, Provinsi Kepulauan Riau, Batam, Provinsi Bengkulu
  • SOLAR BIOSOLAR
    • Seluruh provinsi menggunakan harga yang sama Rp. 6.800 per liter

Berhemat Biaya Bensin Kendaraan

Untuk berhemat biaya transportasi, Sobat bisa memilih alternatif-alternatif ini yaa

Beralih ke Angkutan Umum

Untuk Sobat di Jakarta pastinya sangat terbantu dengan adanya Jaklingko Mikrotrans (angkot), karena moda transportasi umum ini tidak berbayar, alias gratis. Jika mau yang lebih adem, bisa juga disambung memakai Bus TransJakarta (biaya terjangkau dan anti macet). Klik di sini untuk mengetahui rute-rute perjalanan Jaklingko Mikrotrans (angkot) bebas biaya.

Sobat juga bisa memakai kereta CommuterLine, LRT dan MRT yang merupakan moda transportasi paling on-time / tepat waktu se-Indonesia.

Angkot Mikrotrans Jaklingko

Sobat juga bisa memakai sepeda lipat untuk menyambung perjalanan yang tidak terlalu jauh. Sepeda lipat ukuran ban 16 inch, jika dilipat tidak terlalu besar ukurannya dan cukup nyaman dibawa naik kendaraan umum saat tidak terlalu padat penumpang.

Selain itu Sobat juga boleh menggunakan jasa Ojek untuk mencapai tempat tujuan agar lebih cepat, hanya saja perlu mengeluarkan biaya yang lebih.

Memakai Motor

Buat Sobat yang punya motor juga bisa berhemat dengan beralih kendaraan dari mobil ke motor. Disamping kelebihannya yaitu jika hujan tidak kepanasan, dan saat panas tidak kehujanan.

Motor ini juga bisa selap-selip di kemacetan jalan raya. Terlebih jika mengetahui jalan tikus, motor lebih mudah untuk memotong waktu dan jarak tempuh dibandingkan mobil.

vehicles on rad
Photo by Feby Elsadiora on Unsplash

Untuk pengguna motor Honda yang mempunyai fitur Idling Stop System (ISS), ada Saklar yang bernama IDLING STOP, silakan diaktifkan. IDLING STOP ini berfungsi mematikan mesin saat motor sedang berhenti lebih dari 3 atau 5 detik.

Jadi saat berhenti di lampu merah, mesin bisa mati untuk sementara sehingga dapat berhemat biaya bensin kendaraan. Saat lampu hijau, tinggal menarik gas saja pelahan, otomatis mesin akan menyala lagi.

SSS pada motor Yamaha
Posisi saklar IDLING STOP atau SSS pada sepeda motor

Di motor Yamaha, ada juga teknologi serupa namanya Stop & Start System(SSS), jadi silakan diaktifkan ya Sobat, agar kita dapat berhemat biaya bensin kendaraan.

Memakai Motor Listrik / Sepeda Listrik

Sobat yang sudah punya Motor Listrik / Sepeda Listrik bisa memakainya untuk menghemat pengeluaran transportasi. Namun Sobat juga harus aware ya, Motor Listrik tanpa Plat Nomor Polisi dan STNK resmi dan Sepeda Listrik jangan dipakai melintasi jalan raya karena tidak sesuai dengan peraturan.

Boleh memakai Motor Listrik dengan Plat Nomor Polisi dan STNK resmi di jalan raya. Sedangkan jika tidak punya Plat Nomor Polisi dan STNK resmi, Sobat bisa memakainya di jalan desa, komplek perumahan, komplek pergudangan, kawasan perkantoran, komplek pendidikan yang bukan merupakan jalan raya.

Grab riders use environmentally friendly viar electric motorbikes
Photo by Mufid Majnun on Unsplash

Jadi Nebengers

Nebeng alias numpang di kendaraan teman/tetangga. Nah, saatnya Sobat menawarkan ke teman untuk pergi bareng ke tempat kerja, tentunya yang searah perjalanan ya.

Bisa Sobat yang nebeng dan memberi bantuan ongkos transport, atau teman/tetanggamu yang nebeng ke mobil Sobat dan Sobat mendapatkan bantuan ongkos transport dari mereka. Tentunya biaya bensin kendaraan akan lebih hemat karena saling membantu.

man driving straight on pathway during day time
Photo by Alex Jumper on Unsplash

Memantau Harga Bensin di SPBU selain Pertamina

Selain Pertamina, ada beberapa jenis SPBU lainnya. Sebut saja Vivo, Shell, dan BP. Nah di sini Sobat harus sering-sering memantau harganya, karena harga jual mereka selalu berubah-ubah untuk menyesuaikan harga jual minyak dunia. Jika harga minyak dunia sedang turun, tentunya harga mereka juga pasti turun. Sobat silakan bandingkan harga dan mencari harga yang lebih murah.

Berikut adalah tabel persamaan jenis bahan bakar kendaraan di Indonesia

JenisPertaminaVivoShellBP
RON 89Tidak adaRevvo 89Tidak adaTidak ada
RON 90PertaliteTidak adaTidak adaBP 90
RON 92PertamaxRevvo 92SuperBP 92
RON 95Tidak adaRevvo 95V-PowerBP 95
RON 98Pertamax TurboTidak adaV-Power Nitro+Tidak ada

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar